Cara Menggunakan Google Maps Offline

Cara Menggunakan Google Maps Offline

Google Maps adalah salah satu layanan navigasi paling andal yang tersedia, tetapi bukan tanpa kekurangannya. Salah satu masalah terbesarnya adalah ia bekerja lebih baik dengan koneksi data yang kuat, yang tidak selalu bisa kami dapatkan. Anda dapat menggunakan Google Maps secara offline, tetapi fitur keren ini tidak berguna tanpa tindakan proaktif.

Apakah Anda bersiap-siap untuk melakukan perjalanan atau melakukan perjalanan liar? Pastikan untuk mengikuti tutorial cara menggunakan Google Maps offline ini agar tidak tersesat di luar jaringan.

Bagaimana cara kerja mode offline google maps?

Anda harus mengunduh wilayah yang diinginkan sebelum dapat memanfaatkan mode offline Google Maps. Inilah yang kami maksudkan ketika kami mengatakan bahwa segala sesuatunya harus dilakukan secara proaktif. Anda perlu mengunduh area peta sebelum meninggalkan internet yang nyaman.

I can cache all of San Diego, Tijuana, and the LA area with a single download in Google Maps. (Edgar Cervantes)

Untungnya, area Google Maps offline yang dapat Anda unduh besar; Saya dapat menyimpan semua area San Diego, Tijuana, dan Los Angeles dengan satu unduhan. Mengunduh peta offline ini dapat menggunakan banyak data, jadi bersiaplah untuk mengorbankan banyak ruang penyimpanan untuk peta Anda. Ini bisa memakan waktu hingga 1,5 GB, tergantung pada wilayahnya. Jika Anda memiliki perangkat yang mendukung kartu microSD, Anda bahkan dapat memindahkan data ke kartu SD Anda. Untuk melakukannya, buka Menu > Area offline > Pengaturan > Preferensi penyimpanan dan alihkan perangkat ke kartu SD.

Penting juga untuk dicatat bahwa peta offline ini kedaluwarsa setelah sekitar 15 hari kecuali Anda terhubung ke koneksi data. Dunia banyak berubah setiap hari. Peta bersifat dinamis dan memerlukan pembaruan. Bisnis tutup, yang lain buka, jalan-jalan dibangun, yang lain berubah, dll. Google ingin Anda memiliki versi peta yang diperbarui bahkan saat Anda offline, itulah sebabnya batas waktunya.

Downloaded maps expire after about 15 days. (Edgar Cervantes)

Tetap Offline Tanpa Batas Waktu

Jika Anda ingin membuat peta Anda tetap offline tanpa batas waktu, yang harus Anda lakukan adalah membuka pengaturan offline Google Maps dan mengaktifkan pembaruan otomatis. Ini akan memastikan bahwa peta offline Anda terus diperbarui. Anda juga dapat memilih untuk hanya memperbarui saat menggunakan Wi-Fi, memastikan bahwa Anda tidak menyia-nyiakan gigabyte portabel Anda.

See also  Cara Menyimpan Lokasi di Google Maps

Saat offline, aplikasi tidak akan memiliki semua yang ditawarkan Google Maps. Tidak akan ada informasi seperti jalur sepeda, petunjuk arah berjalan, detail lalu lintas, petunjuk arah jalur, semua hal yang membuat Google Maps begitu istimewa. Hampir segala sesuatu yang lain harus bekerja seperti yang diharapkan. Anda dapat mencari alamat, menemukan bisnis, dan membukanya dengan cepat.

Bagaimana Cara Menyimpan Map Offline

Screenshots showing how to download Google Maps areas

Tanpa basa-basi lagi, mari tunjukkan cara menggunakan Google Maps offline.

Catatan: Langkah-langkah ini digabungkan menggunakan Pixel 4a dengan 5G yang menjalankan Android 12. Perlu diingat bahwa langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak Anda.

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Klik gambar profil Anda di sudut kanan atas.
  3. Pilih Peta Offline.
  4. Google sering membuat rekomendasi. Jika area yang Anda inginkan tidak ada di peta yang direkomendasikan, ketuk Pilih peta Anda sendiri.
  5. Anda sekarang dapat memperbesar dan memperkecil, membuat ruang unduhan Anda lebih besar atau lebih kecil. Pilih wilayah yang ingin Anda unduh.
  6. Setelah membuat pilihan Anda, tekan tombol download di sudut kanan bawah.

Anda sekarang dapat menavigasi dan menemukan petunjuk arah tanpa koneksi data. Ingat saja, tidak semua fitur akan ada di sana, seperti yang kami sebutkan sebelumnya.

Alternatif?

Apakah Anda melakukan perjalanan singkat dan tidak perlu menghafal seluruh area? Ada cara yang lebih sementara untuk menggunakan Google Maps offline. Anda dapat mulai menavigasi saat Anda memiliki sambungan data aktif. Maps akan secara otomatis mengunduh informasi yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda, dan akan tetap aktif meskipun Anda sedang offline dalam prosesnya. Ini sepenuhnya independen dari peta yang Anda unduh. Setelah rute dikonfigurasi, Maps akan menyimpan data hingga Anda mencapai tujuan atau mematikan Maps.

See also  Google Pixel 7 Pada Kamera Selfie Futuristik Dibawah Layar

Leave a Reply

Your email address will not be published.