OPPO F21 Pro: Ulasan dan Spesifikasi

OPPO F21 Pro: Ulasan dan Spesifikasi

Segmen sub-smartphone Rs 25.000 diisi dengan banyak ponsel yang bersaing satu sama lain dengan menawarkan SoC kelas menengah, tampilan kecepatan refresh tinggi, pengisian cepat, kamera bagus, dan banyak lagi. Namun tambahan terbaru Oppo di segmen ini berusaha tampil menonjol antara lain dengan desain belakang baru dan kehebatan kameranya. Itulah Oppo F21 Pro.

Varian 4G dari Oppo F21 Pro memiliki fitur SoC Snapdragon 680 low-end, desain kulit fiberglass, sensor kamera Sony di bagian depan, pengisian daya 33W, dan lainnya. Asal tahu saja, ada varian lain dari Oppo F21 Pro yang mendukung konektivitas 5G.

Desain dan Bangun

Oppo selalu mencoba sesuatu yang unik dengan desain ponselnya dan tidak berbeda dengan Oppo F21 Pro. Muncul dalam dua warna – hitam dan oranye. Kami menerima unit oranye dari Oppo dan warnanya sangat menonjol. Memiliki desain fiberglass di bagian belakang yang terbuat dari kulit vegan sementara warna hitam memberikan efek bercahaya. Ponsel ini terasa nyaman digenggam dan genggaman tetap kokoh berkat tekstur yang dicetak. Beratnya 175g dan tipis 7.54mm. Bagian terbaik tentang desain fiberglass adalah tidak mengambil sidik jari atau noda yang membuat perangkat terlihat lebih baik.

Sementara perusahaan mengklaim bahwa ini adalah industri nomor satu oleh perusahaan, tidak dapat disangkal bahwa lebih banyak perusahaan dapat merangkul ini di waktu mendatang. Infinix juga sedang mengerjakan teknologi kulit pengubah warna. Jadi, berharap lebih banyak perusahaan untuk datang dengan desain ini.

Bingkai samping plastik dan unit kamera belakang memiliki lapisan emas yang berpadu apik dengan varian oranye. Benjolan kamera sangat besar dan membatasi lensa mikro dengan cahaya yang mengorbit, juga dikenal sebagai strobo. Menyala saat ponsel menerima notifikasi atau panggilan. Cahaya juga bersinar saat menggunakan lensa mikro untuk fokus pada subjek, lebih lanjut tentang ini di bagian Kamera. Tapi, opsi kustomisasi untuk lampu orbital akan membuat fitur ini lebih menarik.

Tampilan dan suara

Smartphone ini menampilkan layar AMOLED 6,43 inci yang hadir dengan resolusi Full HD+. Layar smartphone ini responsif dan menghasilkan warna yang hidup. Dengan kecerahan puncak 600 nits, layar mudah terlihat di bawah sinar matahari langsung. Kecepatan refresh 90Hz perangkat tampak mulus, namun, pesaing menawarkan kecepatan refresh 120Hz. Terdapat lubang di pojok kiri atas layar untuk kamera selfie. Bingkai di samping tipis sementara di sekitar dagu tebal. Smartphone ini hadir dengan pemindai sidik jari dalam layar yang berhasil atau salah. Itu bisa mengenali sidik jari saya dua dari lima kali. Oppo menerapkan Mode Always On Display pada smartphone ini.

Perangkat ini memiliki sertifikasi Widevine L1 karena dapat memutar konten Amazon Prime, Netflix, dll. dalam resolusi HD. Anehnya, kami tidak dapat menemukan dan mengunduh aplikasi Netflix di Play Store sementara semua layanan streaming utama lainnya berfungsi dengan baik. Kami telah menghubungi Oppo untuk solusinya dan akan memperbarui ulasan ini sesuai dengan itu.

Oppo F21 Pro tidak memiliki speaker stereo tetapi memiliki kisi-kisi speaker tunggal di bagian bawah. Cukup keras tapi kurang jelas.

Kamera OPPO F21 Pro

Oppo F21 Pro telah dilengkapi dengan triple camera 64MP di bagian belakang disertai dua sensor mikro dan mono 2MP. Perangkat ini tidak memiliki lensa ultrawide dan perekaman video 4K yang mengecewakan. Salah satu fitur terpenting dari Oppo F21 Pro adalah sensor kamera 32MP Sony IMX709 di bagian depan.

Tentang antarmuka pengguna aplikasi kamera, ini mirip dengan apa yang kami lihat di ponsel Oppo dan OnePlus. Ada banyak pilihan seperti mode HDR, mode AI, mode 64MP, mode Potret, mode Kecantikan, dan mode Malam. Selanjutnya, ada opsi Lainnya di aplikasi kamera tempat Anda dapat menggunakan fitur seperti Extra HD, selang waktu, pemindai teks, mikroskop, pro, gerakan lambat, dan banyak lagi. Saya bersenang-senang menggunakan mode mikroskop dan pemindai teks. Coba mode Extra HD untuk menangkap lebih banyak detail.

Berbicara tentang performa realistis kamera belakang Oppo F21 Pro, sensor utama 64MP menangkap foto alami di sebagian besar kondisi pencahayaan dan menampilkan detail halus. Warna tampak akurat dan dapat dengan cepat fokus otomatis pada bidikan close-up. Namun dalam situasi indoor, Oppo F21 Pro kurang detail.

Kinerja baterai

Oppo F21 Pro mengemas unit baterai 4.500mAh yang dapat bertahan satu atau 1,5 hari, memberikan total waktu layar tujuh hingga delapan jam. Ini cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Kami mendapatkan hasil ini setelah mengaktifkan mode kecerahan otomatis, layar selalu aktif, menggulir media sosial sepanjang hari, satu jam memutar video Youtube, dan menjelajahi internet. Jika Anda mulai bermain game atau merekam video terus-menerus, Anda akan dapat menyelesaikannya lebih cepat.

Ada pengisi daya 33W di luar kotak yang membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengisi daya ponsel dari 0 hingga 100%. Selain itu, terdapat mode pengisian daya malam yang ditingkatkan bertujuan untuk mengontrol kecepatan pengisian daya ponsel Anda sepanjang malam. Sangat mengecewakan bahwa kami tidak dapat memeriksa persentase baterai dari panel notifikasi.

Spesifikasi lengkap OPPO F21 Pro

NETWORKTechnology
GSM/HSPA/LTE
LAUNCH Announced 2022, April 12
Status Available. Released 2022, April 15
BODY Dimensions 159.9 x 73.2 x 7.5 mm (6.30 x 2.88 x 0.30 in)
Weight 175 g (6.17 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
IPX4 water resistant
RGB ring light around the camera (notifications, charging progress)
DISPLAY Type AMOLED, 90Hz, 430 nits (typ), 600 nits (HBM), 800 nits (peak)
Size 6.43 inches, 99.8 cm2 (~85.3% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
Protection Corning Gorilla Glass 5
PLATFORM OS Android 12, ColorOS 12.1
Chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 680 4G (6 nm)
CPU Octa-core (4x2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4x1.9 GHz Kryo 265 Silver)
GPU Adreno 610
MEMORY Card slot microSDXC
Internal 128GB 8GB RAM
UFS 2.2
MAIN CAMERA Triple 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.7µm, PDAF
2 MP, f/3.3, (microscope)
2 MP, f/2.4, (depth)
Features LED flash, HDR, panorama
Video [email protected], gyro-EIS
SELFIE CAMERA Single 32 MP, f/2.4, 24mm (wide), 1/2.74", 0.8µm
Features Panorama, HDR
Video [email protected], gyro-EIS
SOUND Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.1, A2DP, LE, aptX HD
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFC No
Radio No
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATTERY Type Li-Po 4500 mAh, non-removable
Charging Fast charging 33W, 100% in 60 min (advertised)
Reverse charging
MISC Colors Cosmic Black, Sunset Orange
Models CPH2363

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.