Pengertian Processor, Fungsi, dan Cara kerja pada Komputer

Mengapa kita harus mengetahui jenis dan tipe processor yang di pakai dalam perangkat komputer maupun smartphone? Karena processor merupakan komponen utama yang ada pada perangkat komputer dan smartphone, di sebut komponen utama karena tanpa adanya processor perangkat tersebut tidak akan bisa berjalan dan tidak mampu beroperasi. Berikut dibawah ini adalah pengertian processor.

pengertian processor fungsi, dan cara kerja

Pengertian Processor

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian processor adalah komponen utama pada komputer dan smartphone yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Processor memegang peranan paling penting dalam sistem komputer, karena processor melakukan manajemen arus data untuk menghindari terjadinya stack data dalam operasi komputer, manajemen data yang dilakukan oleh processor menggunakan rumus perhitungan yang sangat kompleks dan akurat, pengelolaan data yang dilakukan oleh processor di bantu media penyimpanan sementara RAM karena proses yang dilakukan processor sangat cepat.

Processor terdiri dari berbagai jenis, dan setiap jenisnya biasanya memiliki bentuk yang berbeda-beda dengan socket yang tersedia dalam motherboard, oleh karena itu ketika anda membeli sebuah motherboard, sebaiknya kita membawa processor yang kita miliki supaya keduanya cocok, demikian juga ketika anda membeli processor untuk membawa motherboard yang anda miliki. Tetapi alangkah baiknya ketika anda membeli processor sebaiknya juga sekaligus membeli motherboard yang sudah sepasang, sehingga anda tidak perlu memikirkan papan komponen tersebut.

Jika anda sudah mendapatkan processor yang cocok dengan motherboard anda, ternyata anda belum bisa berbangga hati, karena ada lagi yang perlu anda cek yaitu nilai TDP Processor yang harus sesuai dengan motherboard. Karena jika tidak sesuai maka bisa jadi ketika komputer dijalankan akan mengalami masalah baik dalam booting maupun ketika sudah beroperasi, tetapi umumnya komputer tidak akan mampu untuk booting jika masalah ini terjadi.

Bagian terpenting dari processor terbagi menjadi tiga yaitu:

  1. Aritmatik Logical Unit (ALU), adalah sebuah bagian dalam processor yang bertugas untuk melakukan perhitungan aritmatika yang dijalankan dengan instruksi kode program yang sudah ada.
  2. Control Unit (CU), adalah bagian dari processor yang berfungsi untuk melakukan kendali atas proses yang terjadi pada processor, dalam hal ini adalah kegiatan input dan output yang terjadi di bawah kendali processor.
  3. Memory Unit (MU), Merupakan salah satu bagian dari processor yang disebut juga dengan cache, Memory Unit adalah ruang penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses kategori sangat cepat.

Fungsi Prosesor

Secara umum adalah mengolah perintah yang masuk kemudian dikeluarkan berupa output yaitu pemberi perintah. Berikut fungsinya:

  1. Memastikan komputer bekerja dengan baik
  2. Menjalankan proses informasi pada komputer
  3. Memberikan perintah kepada tiap komponen komputer
  4. Menjaga performa komputer
  5. Menunjang kegiatan spesifik komputer
  6. Mengolah perhitungan algoritma
  7. Menjaga stabilitas komponen komputer
  8. Mendukung kebutuhan spesifik komputer

Merek Prosesor

merek prosesor

Berikut adalah beberapa jenis dan merek prosesor yang beredar di pasaran:

1. Intel

Processor Intel adalah prosesor paling populer dan banyak digunakan pada laptop atau komputer. Kelebihan prosesor ini di antaranya adalah lebih tahan panas, ada turbo boost yang dapat mempercepat proses kerja pada komputer.

2. AMD (Advanced Micro Devices)

Processor AMD adalah saingan terbesar prosesor Intel, tapi lebih disukai oleh gamers karena AMD dilengkapi denga VGA ATi Radeon.

3. IBM (International Bussiness Machines Corporation)

IBM memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. Prosesor yang pernah diproduksi oleh IBM di antaranya adalah Pentium II Xeon dan IBM POWER.

4. Apple

Apple memproduksi beragam prosesor dan penjualan software komputer. Produk prosesor yang diproduksi Apple Inc di antaranya Apple I, Apple DOS, dan Macintosh.

5. IDT (Integrated Device Technology)

Produksi prosesor dari IDT ini tergolong murah dibandungkan dengan prosesor merek lain. Prosesor pertama yang diluncurkan oleh IDT adalah WinChip.

Cara Kerja Prosesor

Tiga hal dasar yang dilakukan prosesor yaitu:

  1. Menggunakan ALU untuk melakukan operasi matematis
  2. Memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lain
  3. Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain

Kecepatan pemrosesan data pada processor mampu mencapai 400 Gigahertz yang artinya processor pada komputer mampu untuk menjalankan perintah sebanyak 4000 miliar dalam sekali kerja. Angka tersebut merupakan angka yang luar biasa dalam pengembangan teknologi, karena kegiatan kerja yang banyak ini tidak akan mampu di lakukan oleh manusia secara manual. Istilah seperti itu tentunya sangat dipahami oleh para gamer, yang sangat memperhatikan spesifikasi komputer yang digunakan dalam hal ini istilah trendnya adalah ‘Greater Processor‘ yaitu keterkatian antara game dengan processor yang di gunakan.

Dalam pengembanganya kita sebagai pengguna komputer yang masuk kategori tengahan mengenal dua produsen komponen ajaib ini, yaitu Intel dan AMD. Kedua produsen processor itu selalu bersaing untuk menghadirkan otak komputer yang paling canggih dan hebat. Keduanya akan selalu kita amati betul ketika membeli sebuah laptop, terutama ketika memilih jenis merk processor yang di gunakan, karena walaupun merk laptop sama, belum tentu menggunakan processor yang sama pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.